^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

LEADING WITH ACTION

Menurut Anda, mana yang lebih penting, menyusun strategi atau melakukan aksi ?

Bila pertanyaan ini ditanyakan kepada para peserta pelatihan leadership, maka jawaban yang muncul biasanya berimbang, antara yang memilih strategi ataupun aksi. Mereka yang memilih strategi mengatakan strategi adalah dasar dari serangkaian aksi. Tanpa strategi, tidak akan pernah ada aksi. Sebaliknya, mereka yang memilih aksi mengatakan aksi adalah final dari sebuah strategi. Tanpa adanya aksi, sebagus-bagusnya strategi tidak akan berarti.

Dua-duanya memang sama pentingnya. Pertanyaannya kemudian, mana yang lebih sulit dilakukan, strategi atau aksisi ? Ternyata, bila mendapatkan pertanyaan seperti ini, nyaris sebagian besar peserta pelatihan leadership mengatakan, “Aksi !”

Saya pun mengamini pendapat di atas.

Bisa jadi, Herb Kelleher, mempunyai keyakinan yang sama. Saat menjadi CEO Southwest Airlines, maskapai penerbangan low cost carrier di Amerika Serikat, ditanya oleh banyak orang mengapa strategi perusahaannya sedemikian sederhananya. Southwest Airlines mempelopori pemilihan trayek pendek, tidak adanya sistem tempat duduk, membayar awak pesawatnya berdasarkan trayek, dan menggunakan bandara yang kurang padat. Atas pertanyaan itu, jawaban ringkas Herb Kelleher, “We have a strategic plan. It’s call doing things.” Kami mempunyai ‘perencanaan strategis’, yang kami sebut dengan ‘lakukan saja’. Kelleher meyakini strategi yang terlalu rumit dan di awang-awang justru akan membuat dirinya kebingungan. Bagi Kelleher, yang penting dari suatu strategi hanya satu : jalankan saja.

Warren Bennis, pakar leadership dunia, juga mengatakan dalam pengertiannya yang paling sederhana leadership is know what to do and get the things done. Leadership adalah memahami hal-hal yang perlu dilakukan dan menyelesaikannya. Buat Bennis, memahami hal-hal yang perlu dilakukan saja belumlah cukup bagi seseorang untuk dianggap sebagai Leader. Seorang Leader juga perlu menyelesaikan hal-hal yang menurutnya memang perlu diselesaikan. 

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.