^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

LEADING WITH PASSION

Passion adalah sesuatu yang kita tidak pernah bosan untuk melakukannya. Passion adalah tempat kita mengorbankan banyak hal untuk melakukan itu. Passion adalah suatu kondisi dimana kita mengerjakannya tanpa memikirkan untung dan rugi. Passion adalah rasa cinta mendalam kita, sehingga kita bersedia berkorban untuk melakukannya.

Steve Jobs, salah satu penemu dan inovator hebat abad 21 ini, mengatakan satu-satunya jalan untuk menghasilkan karya yang hebat adalah dengan mencintai apa yang kita kerjakan. Tanpa cinta mendalam tersebut, atau tanpa passion, Anda tidak akan pernah mendapatkan hasil yang hebat.

Pada saat kita benar-benar passionate terhadap sesuatu hal, kita akan mengalami apa yang disebut oleh Mihaly Csikzenmihalyi, profesor bidang psikologi dan manajemen Claremont Graduate University, sebagai flow. Mihaly tertarik mempelajari orang-orang yang dipandang sebagai master dalam bidangnya masing-masing, entah olahraga, seni, sains, bisnis, dan lainnya. Mihaly menemukan bahwa orang-orang ini dimotivasi oleh hal yang berbeda dari kebanyakan orang. Motivasi mereka bukanlah uang, pujian atau penghargaan dari orang lain, reputasi, dan hal-hal lain di luar aktivitas itu sendiri. Motivasi mereka adalah pekerjaan itu sendiri. Mereka begitu enjoy dan asyik dengan pekerjaannya, sehingga tidak membutuhkan hal lainnya untuk membuat mereka bergairah.

Flow adalah suatu momen sukacita besar, suatu kenikmatan luar biasa, saat seseorang bergumul dengan persoalan sulit di bidangnya masing-masing, dan mencurahkan segenap daya yang mereka miliki, mungkin hingga lupa tempat dan waktu, sampai ke batas tertingginya. Bahkan melampauinya.

Flow merupakan bukti konkrit bagaimana seseorang mempunyaipassion tinggi terhadap pekerjaannya.Penyair kelahiran Lebanon, Kahlil Gibran, menyampaikan pesan indah tentang hubungan  kerja dan cinta, dalam bukunya “Sang Nabi” :

Bila bekerja engkau ibarat sepucuk seruling, lewat jantungnya, bisikan sang waktu menjelma lagu

siapa mau jadi ilalang dungu dan bisu, apabila semesta raya lagukan gita bersama ?

Jika engkau bekerja dengan rasa cinta, kau satukan dirimu dengan dirimu sendiri

kau satukan dirimu dengan orang lain

serta kau dekatkan dirimu pada Tuhan

Dan apakah yang dinamakan bekerja dengan rasa cinta ?

Laksana menenun kain, dengan benang yang ditarik dari jantungmu, seolah-olah kekasihmulah yang akan mengenakan kain itu

Bagaikan membangun rumah, dengan penuh kesayangan, seolah-olah kekasihmulah yang akan mendiaminya di masa depan

Seperti menyebar benih dengan kemesraan, dan memungut panen dengan kegirangan, seolah-olah kekasihmulah yang akan menikmati buahnya kemudian

Tidak selalu gampang menemukan passion yang Anda miliki. Bisa jadi, Anda perlu berulang kali bertanya ke diri sendiri untuk menemukan passion tersebut. Meskin demikian, dua pertanyaan di bawah akan sangat membantu untuk menemukan passion yang Anda miliki.

Hal apakah, yang saat Anda mengalami kegagalan Anda dan orang-orang mencemooh Anda, Anda justru tertantang dengan gampang untuk menjadikannya lebih baik lagi ?

Hal apakah, yang selalu membuat Anda bertambah segar, semangat, dan antusias untuk menemukan cara-cara baru ?

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.