^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

Christiano Ronaldo Ngambek

Seorang peserta pelatihan bertanya kepada saya, “Pak, berapa kali lagi saya harus berusaha keras dalam hidup ini hingga saya mencapai sukses ?”

Kemudian peserta tersebut menceritakan bagaimana perjuangan yang sudah dia lakukan untuk mencapai posisi diinginkan di perusahaannya. Setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bertahun-tahun, ternyata hasilnya tak juga dia dapatkan.

Jujur, pertanyaan itu tidak gampang dijawab. Kalaupun mau diukur atau “distandarkan”, ukurannya menjadi sangat relatif. Bisa berbeda-beda satu orang dengan yang lain. Berbeda juga untuk sukses yang satu atau sukses yang lain.

Hanya saja, saya membayangkan seorang Christiano Ronaldo atau CR 7,

yang dalam salah satu pertandingan sepak bola tidak kunjung mencetak gol ke gawang lawan. Bolak-balik tendangannya diblok kiper lawan, tendangan meleset, tendangan melebar ke samping kanan gawang, dan seterusnya.

Lantas, CR 7  kemudian ngambek. Dia tidak mau meneruskan pertandingan dan minta diganti. Padahal, pertandingan baru berjalan 20 menit dari 90 menit yang direncanakan. Ketika ditanya oleh pelatihnya, mengapa minta berhenti, CR 7 menjawab, “Malas, ah, dari tadi tendang bola nggak pernah bisa masuk gawang lawan.”

Kira-kira, apa tanggapan si pelatih mendengar jawaban itu ?

Dan kira-kira, bagaimana fans CR 7 di seluruh dunia bila mengetahui kejadian tersebut ?

CR 7 akan ditertawakan oleh seluruh dunia bila sebelum pertandingan selesai, dia sudah ngambek minta diganti karena tendangannnya tak kunjung menjadi gol. Pertandingan baru berjalan 20 menit, tentu saja masih ada 70 menit kesempatan bagi CR 7 untuk terus berusaha lagi mencetak gol ke gawang lawan.

Btw, berapa lama Anda hidup di dunia ini ? 90 tahun ? 80 tahun ? 70 tahun ?

Dan berapa umur Anda sekarang ? 20 tahun ? 30 tahun ? 40 tahun ?

Kalau pertandingan kehidupan Anda akan berlangsung selama 70 tahun, dan dalam usia 30 tahun Anda sudah ngambek dengan semua upaya yang Anda lakukan untuk mencapai sukses, apa tanggapan dunia terhadap Anda ?

 

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.