^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

My Training is Never Complete

Tahukah Anda tentang Navy Seals? Atau setidaknya, pernahkah Anda mendengarnya? Kalau Anda senang dengan film-film action khas Hollywood, Anda pasti pernah mendengarnya.

Navy Seals adalah salah satu pasukan khusus yang dimiliki oleh negara Paman Sam. Untuk negaranya, mereka memiliki segudang prestasi legendaris. Meski memiliki seabrek senjata canggih, buat Navy Seals, keistimewaan utama mereka bukanlah pada kecanggihan senjata yang mereka miliki. Atau pada strategi tempur mereka yang nomor wahid. Tidak, bukan itu keistimewaan utama mereka.

Keistimewaan utama mereka terletak kepada motivasi mereka untuk selalu memberikan yang terbaik pada negaranya. Dengan motivasi yang menggelegar inilah, Seals terus berlatih dan berlatih untuk selalu siap dalam semua pertempuran. Seals percaya, bahwa keberhasilan mereka dalam tugas sepenuhnya tergantung pada latihan-latihan yang mereka jalankan. Salah satu semboyan mereka yang terkenal adalah “...my training is never complete..
( training kami tidak pernah sempurna )”.

Seperti halnya Seals, saya juga meyakini hal yang sama. Saya meyakini kalau saya harus terus belajar dan terus mengembangkan diri bila ingin memberikan yang terbaik bagi perusahaan, dan bagi para customer saya.

Sering saya dengar komentar kalau pelatihan yang saya berikan kurang “oke”, tidak membumi, kurang pas dengan kebutuhan perusahaan, pembawaannya kurang natural, dsb. Komentar-komentar tersebut saya jadikan masukan berharga buat diri saya. Saya percaya, komentar dan usulan dari semua pihak bisa menjadi cambuk bagi saya untuk terus memperbaiki diri.

Makin lama, makin timbul kesadaran di batin saya, bahwa keberhasilan sebuah
pelatihan bukan hanya dari saya selaku trainer, melainkan juga dari anggota team saya. Saya disadarkan bahwa dari setiap orang, saya bisa memperkaya dan memperdalam semua materi pelatihan yang saya punyai.

Akhirnya, saya lebih ingin lagi untuk belajar dan terus belajar. Kalau mereka yang tergabung dalam Navy Seals mengamini kredo “my training is never complete”, saya percaya bahwa selalu ada hal-hal baru yang bisa kita pelajari, selalu ada hal-hal baru yang bisa membuat kita semakin maju dan semakin maju lagi. Dengan itu, kita bisa membuat hidup kita lebih baik lagi.

Saya percaya, Anda semua juga meyakini hal yang sama.

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.