^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

ALEXANDER DAN CLEOPATRA

Coba simak cerita di bawah :

Alexander dan Cleopatra sudah lama hidup bersama. Mereka tinggal dalam rumah yang besar.

Tempat mereka tinggal terdiri dari dinding-dinding kaca yang tebal. Di dalam rumah mereka yang selalu segar, ada beberapa tanaman hias yang indah dipandang. Suatu pagi, Alexander dan Cleopatra ditemukan mati, tergeletak di lantai. Di samping kiri kanan mereka tampak beberapa pecahan kaca. Selain itu, ada banyak air di kiri kanan tubuh mereka. Pertanyaannya, mengapa Alexander dan Cleopatra mati ?

Saat saya menceritakan kisah di atas dalam suatu acara pelatihan, beberapa peserta langsung menjawab seperti ini :

- Alexander dan Cleopatra mati diracun oleh teman-temannya.

- Mereka sama-sama ingin bunuh diri dengan minum racun.

- Mereka bertengkar satu sama lain, dan saling melempar gelas hingga kemudian mati.

- Saat sedang makan dan minum bersama, mereka ditembak dari jarak jauh. 

Setelah semua peserta pelatihan puas memberikan jawaban, saya lantas memberikan kunci jawabannya. Jawabannya adalah : Alexander dan Cleopatra mati karena seekor kucing.

Lho, kok bisa ? Nggak masuk akal, dong !

Demikian mungkin Anda berpikir.

Ini kunci jawaban lengkapnya :

Pagi itu, ada dua ekor kucing yang sedang berkejaran di kamar. Karena dikejar oleh yang lain, kucing pertama melompat ke atas meja, dan menjatuhkan aquarium. Jatuh ke lantai, aquarium tersebut pecah, airnya berhamburan keluar. Ikan-ikan yang ada di dalamnya juga terlempar keluar, menggelepar di lantai kemudian mati. Dua di antara ikan-ikan tersebut bernama : Alexander dan Cleopatra.

Jadi, kunci jawaban saya masuk akal, bukan ?

Saat mendengar cerita di atas, Anda pasti berpikir Alexander dan Cleopatra adalah sepasang suami istri. Benar begitu ?

Yah, pengalaman ini menunjukkan betapa kuatnya persepsi tertanam di dalam kepala kita. Saat persepsi sudah terbentuk di kepala kita, kita sulit sekali untuk mengubah atau menggesernya.

Persepsi dipengaruhi oleh pengalaman yang kita peroleh di masa lalu. Mungkin, dahulu saya pernah membaca cerita tentang Alexander, panglima Romawi, dan Cleopatra, ratu Mesir. Sehingga setiap saat saya mendengar Alexander dan Cleopatra saya mempersepsikan bahwa itu adalah nama manusia.

Teman saya mengambil kesimpulan Alexander dan Cleopatra mati diracun, mungkin karena terinspirasi novel Agatha Christie yang pernah dia baca. Dan yang beranggapan Alexander dan Cleopatra saling melempar gelas hingga mati, bisa jadi terinspirasi oleh adegan-adegan di sinetron kita...Smile

Persepsi mendahului seluruh perilaku kita. Terbayang bagaimana berbahayanya, kalau kita mempunyai persepsi yang tidak tepat terhadap segala hal di sekeliling.

Maka, berkaitan dengan persepsi, tugas kita yang pertama adalah memeriksa, menguji, dan meneliti setiap persepsi yang kita miliki, sehingga kita memiliki persepsi yang lebih tepat terhadap dunia sekitar kita.

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.