^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

Pahami Kepuasaan Customer Anda

Apapun wujud bisnis Anda, alasan utama keberadaan bisnis Anda adalah adanya customer. Customerlah yang membuat perusahaan Anda eksis. Customerlah yang membuat perusahaan Anda terus bertumbuh.

Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk selalu memperhatikan kepuasan customer. Langkah pertama, yang merupakan langkah paling mudah untuk memperhatikan kepuasaan customer, adalah dengan menempatkan diri Anda sebagai customer. Lihatlah perusahaan Anda sebagaimana customer melihatnya. Rasakan perusahaan Anda sebagaimana customer merasakannya.

Bila Anda bergerak di bidang rumah makan misalnya, maka bayangkanlah diri Anda sebagai customer rumah makan Anda. Bayangkan diri Anda sebagai tamu di rumah makan tersebut. Bagaimana dengan tempat parkirnya, cukup nyamankah untuk mobil Anda? Apakah petugas parkirnya cukup ramah dan sopan?

Saat Anda memasuki rumah makan, apakah si pelayan membukakan pintunya? Saat Anda duduk, berapa lama pelayan kemudian mendatangi Anda? Bagaimana dengan wajah si pelayan? Ramah atau datar-datar saja? Dan bagaimana juga dengan menu makanannya?

Demikian seterusnya Anda membayangkan "perjalanan" diri Anda sebagai customer di perusahaan Anda. Penggambaran itu harus sedemikian detil dan cermat sehingga Anda dapat mengetahui hal-hal mana saja yang bisa di-upgrading dari layanan Anda kepada customer.

Langkah kedua adalah dengan meminta feedback dari customer Anda. Mintalah customer untuk menilai Anda baik dari menu makanan yang Anda sajikan, kebersihan rumah makan Anda maupun pelayanan para petugasnya.

Sebagian besar hotel berbintang dan jasa layanan transportasi udara hampir selalu meminta feedback dari para customernya. Di kamar-kamar hotel tertera form feedback yang bisa diisi oleh para tamunya secara bebas. Sering juga, setelah kita sudah meninggalkan hotel dan kembali ke tempat kerja kita, beberapa petugas hotel masih menelpon kita untuk menanyakan kesan-kesan kita saat menginap di hotelnya dan feedback apa yang bisa kita berikan kepadanya.

Ace Hardware mempunyai cara yang unik untuk meminta feedback dari para customernya. Di masing-masing meja kasir, customer diminta memasukkan kertas merah, kuning atau hijau untuk menilai performance layanan para petugasnya. Bila Anda merasa service mereka buruk, maka Anda bisa memasukkan kertas yang berwarna merah. Bila Anda menilai servicenya biasanya saja, masukkan saja kertas kuning. Dan bila Anda merasa service sangat "okay" Anda bisa memasukkan kertas hijau. Dengan cara demikian, Ace Hardware dapat mengukur sejauh mana kepuasaan customernya.

Langkah ketiga untuk memahami kepuasan customer dapat Anda lakukan dengan melakukan survey layanan customer. Anda menghubungi sejumlah customer dan meminta mereka mengisi kuesioner yang berupa pertanyaan-pertanyaan seputar layanan Anda.

Selain itu, langkah ketiga juga dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan sejumlah customer, taruhlah sekitar 15 - 20 orang untuk memberikan feedback dan masukan terhadap layanan Anda.

Apapun metode yang Anda gunakan, jangan pernah sekali-kali melupakan pentingnya memahami kepuasan customer Anda !

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.