^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

Service Your Partner

“Yah, salah lagi....salah lagi. Selalu saja kurang dokumennya,” gerutu Ian, seorang petugas administrasi mengomentari kerja rekannya di bagian pemasaran. “Gitu tuh, kerjaannya orang marketing. Selalu saja gak tuntas. Sehingga kita nggak bisa proses lagi dokumennya,” imbuh Doni, rekan Ian di bagian administrasi.

Bila kita mengatakan “pelanggan” maka sering kita hanya menghubungkannya denganexternal customer yaitu end user dari produk / jasa yang kita jual. Kita berupaya sungguh-sungguh untuk melayani external customer sebaik-baiknya. Kita mati-matian mencoba mengetahui kebutuhan external customer kita dan berusaha untuk melampaui harapannya.

Ironisnya, di sisi lain, kita jarang sekali bahkan hampir melupakan internal customer yang ada di perusahaan kita. Kita melupakan bahwa mereka pun harus mendapatkan layanan yang berkualitas tinggi dari kita. Mereka pun harus kita layani sebaik-baiknya, kita pahami kebutuhannya dan kita lampaui harapannya.

Mengutamakan external customer tetapi meninggalkan internal customer akan berakibat fatal bagi perusahaan. Semua departemen yang ada di perusahaan haruslah berjiwa service. Semua pribadi yang ada di perusahaan harus memiliki sikap customer-oriented.Kalaupun mereka tidak berhadapan langsung dengan external customer, maka internal customer lah yang harus mereka layani sebaik-baiknya.

Semua bagian yang ada di perusahaan adalah sebuah team. Dan sebagai team, satu sama lain harus saling mengisi dengan rapi. Salah satu cara menjaga kerja team adalah dengan memberikan layanan berkualitas tinggi satu terhadap yang lain.

Bayangkan sebuah team sepak bola. Bila para pemainnya saling egois satu sama lain, membawa bola sendiri tanpa memperhatikan teman yang lain, kekalahanlah yang akan diderita oleh team tersebut. Bagaimanapun, akan susah sekali memenagkan pertandingan kalau tidak ada kerja sama yang rapi antar anggota team.

Kalau kita dapat memuaskan seluruh internal customer, akan lebih mudah bagi kita untuk mendapatkan support dari seluruh bagian di perusahaan. Dan pada akhirnya, kita akan mempunyai peluang lebih besar untuk dapat melayani external customer lebih baik lagi.

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.