^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

Sejuta Pesona Untuk Pelanggan Anda

Anda pasti pernah memasuki Dunia Fantasi (Dufan) di Ancol, bukan? Yah, apa yang Anda lihat di sana? Keramaian pengunjung. Oke, selain itu, apa lagi yang Anda lihat? Anak-anak yang berlari-larian. Oke, ada lagi?

Di Dufan Anda dapat menemui carrousel (komedi putar). Ada bianglala, ontang anting, bom-bom car, teater tiga dimensi. Apa lagi? Banyak sekali. Masih ada lagi yang lain. Yang jelas, ada kegembiraan di sana. Kegembiraan dari orang-orang yang ada di sana. Kegembiraan yang terpancar dari wajah-wajah yang ada di sana.

Create Memorable Experience

Apa yang Anda harapkan saat menonton pertunjukkan film di bioskop? Tentu, Anda ingin mendapatkan hal yang menarik di sana. Bukan filmnya saja yang Anda incar, tetapi juga audio di theaternya, suasana di ruang tunggunya, dan para petugas bioskopnya. Blitz Megapleks mencoba menjawab hal ini. Bioskop yang berlokasi di Grand Indonesia ini mencoba menawarkan hal yang berbeda daripada bioskop di Jaringan 21.

Go to The Extra Miles

Ah, ada taksi, batin saya begitu melihat sebuah taksi berwarna biru di depan sebuah ruko di kawasan Kelapa Gading. Saya mendekati taksi tersebut dan bergegas minta diantarkan ke rumah.

Hujan rintik-rintik, jam yang sudah menunjukkan angka 9 malam membuat saya bersyukur sekali bisa mendapatkan taksi.

“Maaf, Pak. Dengan Pak Roni?” tanya sopir taksi dari balik jendela.

Saya menggelengkan kepala. Si sopir buru-buru menambahkan, “Maaf, saya sudah dibooking Pak Roni. Diminta nunggu di sini.”

Wah, jadi repot nih. Sudah malam, dingin, hujan lagi, dan saya harus mencari taksi.

Pastikan Anda Hadir

Bayangkan situasi di sebuah restoran. Dua orang masuk, tidak ada pelayan yang menyambut. Mereka membuka-buka menu sendiri. Kelihatan bingung dengan istilah-istilah asing yang ada di menu tersebut. Mau bertanya kepada si pelayan, tapi nampaknya mereka sedang sibuk sendiri-sendiri. Mereka tidak ada yang siap melayani tamu yang masuk.

Kalau Anda sebagai konsumen menjadi salah satu tamu dari restoran tersebut, apa yang akan Anda lakukan? Marah? Kecewa? Atau langsung pulang dan tidak jadi makan di restoran tersebut?

Sentuhlah Hati Pelanggan

Apa yang membuat Anda merasa nyaman saat memasuki SPBU Shell? Banyaknya tangki pengisian gas daripada SPBU Pertamina pada umumnya? Pelatarannya yang luas dan bersih? Dominasi warna kuning yang mencolok?

Bisa jadi, salah satu atau kombinasi dari beberapa hal di atas yang membuat Anda merasa nyaman. Shell menggarap dengan serius fasilitas dan lokasi SPBUnya. Nyaris tidak ada sampah atau bahan bakar yang menetes di sekitar tangki pengisiannya.

Service Your Partner

“Yah, salah lagi....salah lagi. Selalu saja kurang dokumennya,” gerutu Ian, seorang petugas administrasi mengomentari kerja rekannya di bagian pemasaran. “Gitu tuh, kerjaannya orang marketing. Selalu saja gak tuntas. Sehingga kita nggak bisa proses lagi dokumennya,” imbuh Doni, rekan Ian di bagian administrasi.

Bila kita mengatakan “pelanggan” maka sering kita hanya menghubungkannya denganexternal customer yaitu end user dari produk / jasa yang kita jual. Kita berupaya sungguh-sungguh untuk melayani external customer sebaik-baiknya. Kita mati-matian mencoba mengetahui kebutuhan external customer kita dan berusaha untuk melampaui harapannya.

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.