^Back To Top
foto1 foto2 foto3

Follow Me :

FacebookTwitterLinkedIn

MODELLING

Salah satu langkah praktis untuk ikuti jejak sukses orang lain, adalah memodel orang-orang hebat yang sudah sukses di bidang tertentu.

Amati, Tiru, Modifikasi, adalah jargon klasik yang sering disebut oleh banyak pihak untuk hal di atas. Niteni ( perhatikan ), Nirokke ( tiru ), Nambahi ( tambahkan ), adalah jurus serupa yang sudah lama digagas oleh Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantoro.

Memodel perilaku atau perbuatan seseorang, relatif gampang dilakukan. Memodel busana, penampilah fisik, atau wujud lahiriah, sangat gampang dikerjakan.

Yang tidak mudah adalah memodel sikap hidup, keyakinan, dan nilai-nilai yang dimiliki seseorang. Padahal, hal-hal itulah yang esensial dari sukses seseorang. Hal-hal itu juga yang jadi pondasi sukses seseorang.

Untungnya, saat Anda tahu tentang kisah hidup seseorang, sedikit banyak Anda akan pahami sikap hidup, keyakinan, dan nilai-nilai yang dimilikinya. Alih-alih mengakui kisah suksesnya saat ini, lebih efektif bila kita juga menggali kiat dan perjuangannya untuk mencapai kondisi saat ini. Mempelajari perjalanan hidup seseorang, tantangan-tantangan yang pernah dihadapi, juga caranya berkelit di tengah-tengah masa sulit yang dimiliki, membuat kita banyak peroleh pelajaran yang menarik untuk diikuti.

Dengan demikian, belajar dari orang hebat bukanlah belajar tentang penampilan atau wujud lahiriah belaka, melainkan lebih penting lagi adalah belajar dari sikap hidup yang dipunyainya.

Add comment


Security code
Refresh

Copyright © 2013. Indra Dewanto Rights Reserved.